Jumat, 16 Desember 2016

Tahun Baru, Uang Baru?

Sumber foto : ivoox.id

Pergantian Uang - Tanggal 19 Desember 2016, Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah akan meluncurkan sebanyak 11 desain baru untuk mata uang Indonesia, Rupiah. “Namun pada saat dikeluarkannya uang emisi 2016, uang yang lama akan tetap berlaku”, papar Suhaedi selaku Direktur Eksekuti Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia.

Direktur Eksekuti Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia ini menjelaskan bahwa nanti BI akan mengumumkan uang mana yang akan ditarik, dan jika masyarakat memegang uang tersebut, BI berharap bisa menukarkan uang tersebut dalam jangka jangka 5 tahun di seluruh bank di Indonesia.

"Jadi uang yang kita sekarang kita pakai sehari-hari itu tetap berlaku. Nanti pada waktunya, Bank Indonesia akan mengumumkan pecahan mana, emisi kapan yang akan ditarik secara bertahap," ujarnya seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jumat (16/12/2016). 

"Jadi yang kita cetak sekarang ini, kita dapat karena yang masih dibutuhkan oleh masyarakat secara luas. Jadi kami melakukan survei ke seluruh wilayah Indonesia, sampai pecahan mana yang masih dibutuhkan secara banyak," tambah Suhaedi.

Selain mengeluarkan uang kertas dengan desain baru, rencananya BI juga akan mengeluarkan uang logam yang terbaru. Mengenai gambar pahlawan yang terlampir pada uang belum diketahui pastinya, apakah akan diganti ataupun tetap sama. Tentu, pergantian uang di akhir tahun akan membawa nuansa baru di awal tahun 2017.

Share this

2 Responses to " Tahun Baru, Uang Baru? "