Rabu, 01 Februari 2017

5 Jenis Tanaman yang Dapat Menurunkan Hipertensi


Penyakit hipertensi atau kenanan darah tinggi terjadi ketika naiknya tekanan darah pada jaringan pembuluh darah dalam waktu yang cukup lama. Hipertensi terjadi akibat penyempitan pembuuh darah. Tekanan darah normal berkisar antara 90-120. Anda dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi apabila tekanan darah Anda lebih dari itu.

Penyakit yang satu ini tidak dapat diremehkan sama sekali. Pasalnya hipertensi bisa memicu masalah kesehatan yang lebih kompleks seperti stroke, gagal jantung maupun penyakit ginjal. Gejala darah tinggi biasanya bisa dideteksi dengan mudah oleh penderitanya yang sudah mendapat diagnosa. Jika Anda merasakan gejalanya, ada baiknya Anda langsung mengambil tindakan seperti mengonsumsi obat herbal dari tanaman di sekitar Anda. Jangan salah, tanaman ini ampuh lo dalam menurunkan hipertensi Anda.

Mentimun
Kebetulan saya memiliki salah seorang keluarga yang menderita hipertensi. Beliau rutin mengonsumsi mentimun ketika tekanan darahnya meninggi. Hal ini dirasanya sangat efektif. Caranya pun mudah, Anda tinggal buat jus dari mentimun atau konsumsi langsung atau kalau mau Anda juga bisa membuatnya menjadi parutan mentimun. Tetapi ingat, jangan menambahkan mentimun dengan bahan apapun.

Kemangi
Kemangi sudah menjadi hidangan khas menu makanan lalapan. Segelintir orang mungkin tidak suka dengan rasa kemangi yang tajam, namun siapa sangka ternyata kemangi mampu membantu menurunkan hipertensi. Daun kemangi dipercaya memiliki manfaat sebagai penurun darah tinggi.

Kayu Manis
Kayu manis dikenal umum hanya sebagai penyedap rasa. Perlu Anda ketahui bahwa kayu manis bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda secara efektif. Konsumsilah kayu manis setiap hari dengan memercikkan bubuknya pada sereal sarapan Anda, oatmeal bahkan kopi.

Lobak
Selain mentimun, mengonsumsi lobak yang dibuat menjadi jus sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Anda juga dapat menyisipkan jenis umbi ini sebagai sayuran di menu makan siang Anda.

Mengkudu
Buah pahit ini memang terkenal dengan kemujarabannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi dnegan mengkudu ialah hipertensi. Seperti yang lainnya, Anda bisa membuat mengkudu  menjadi jus dan meminumnya langsung.

Demikianlah 5 tanaman yang dapat menurunkan hipertensi secara efektif. Bagi Anda yang tidak terbiasa, memang beberapa dari tanaman-tanaman ini terasa asing untuk dikonsumsi. Namun, demi kesehatan Anda, Anda harus bisa membiasakan diri serta rutin melakukannya.

Share this

0 Comment to " 5 Jenis Tanaman yang Dapat Menurunkan Hipertensi "

Posting Komentar