Sabtu, 25 Februari 2017

Gara-Gara Cat Alis!


Tampil cantik menjadi idaman para cewek. Berbagai cara dilakukan untuk tampil maksimal, mulai dari perawatan hingga peralatan kecantikan, misalnya menggunakan make up dan alis mata. Tahukah anda bahwa cat alis mata sangatlah berbahaya jika tidak tahu aturan pemakaiannya. Seperti yang dialami Tylah Durie (16) yang mengalami ‘kecelakaan’ saat memakai pewarna rambut untuk alis dan bulu matanya. Harapan untuk memperoleh alis yang menawan sirna sudah saat 30 menit setelah pemakaian. Tylah merasa gatal di bagian alis dan bulu mata. Kedua bola matanya pun mengalami luka bakar yang cukup parah sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan. Saat terbangun keesokan harinya, ia merasa hampir buta karena mata yang sangat bengkak.

Dalam segala macam kemasan jenis pewarna untuk rambut, bulu mata maupun alis, sudah ada peringatan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu

Peringatan untuk melakukan tes alergi sudah dipastikan selalu ada pada setiap produk pewarna. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika ternyata kulit pemakai alergi terhadap bahan pembuatnya. Walaupun kasus seperti ini memang jarang sekali terjadi, tapi himbauan dibuat bukanlah untuk dihiraukan. Nyatanya, Tylah Durie mengalami sendiri. Ia tak melakukan tes alergi lebih dulu dan langsung digunakan pada alis dan bulu matanya. Di luar dugaan, ternyata kulitnya tak cocok dengan pewarna alis dan bulu mata yang dibelinya.

Bukan alergi biasa. Jika tak segera ditangani, kasus seperti Tylah Durie ini dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian

Begitu merasa bahwa apa yang dialami sangat serius, Tylah kemudian dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis terkena alergi terhadap paraphenylenediamine (PPD), bahan kimia yang sering ditemukan dalam pewarna rambut dan tato henna warna gelap. Karena alergi tersebut, ia harus mengenakan sarung tangan untuk mengantisipasi apabila ia menyentuh sesuatu yang mengandung PPD lagi.

Alergi Tylah kini telah tertangani oleh dokter dengan baik. Ia pun harus melakukan pengecekan mata secara teratur untuk memonitor pengaruh dari sisa luka bakar yang ia alami. Dokter pun melarang Tylah untuk memakai pewarna lagi karena nantinya dapat memberikan efek lebih parah, seperti kebutaan dan bahkan kematian.


Demikian tadi contoh dari bahaya penggunaan cat alis mata jika tanpa pengetahuan yang ada dalam penggunaannya.

Share this

0 Comment to " Gara-Gara Cat Alis! "

Posting Komentar