Minggu, 12 Maret 2017

AQUA, Air Mineral Terbaik Indonesia


Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.

Indonesia bisa menjadi sumber air pegunungan vulkanik terbaik dunia, karena memang berada dalam lingkaran “ring of fire”. Indonesia memiliki gunung berapi paling banyak di dunia, dimana tercatat 130 gunung berapi yang masih aktif.  Jumlah ini merupakan 10% dari jumlah keseluruhan gunung api dunia, sehingga wajar air mineral Indonesia merupakan air mineral yang paling populer. 

Berdasarkan penelitian para ahli, di tiap pegunungan menyimpan sumber mata air terbaik. Hal itu diakui Prof Dr Sari Bahagiarti, ahli hidrogeologis dari UPN Veteran Yogyakarta, dalam acara Anugerah Abikarya Syandana ‘Air adalah kebaikan alam dan manfaatnya bagi tubuh’. Dijelaskannya, ketiga syarat karakteristik sumber air tanah yang baik adalah kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Dari sisi kualitas, artinya sumber air minum tersebut memenuhi standar tiga pengukuran, yaitu sifat fisik, kimiawi dan biologis.

Dari aspek fisik, sumber air minum tidak boleh berwarna, berbau, berasa dan keruh. Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung logam berat (misalnya mercuri, nikel, timbal, seng dan perak), atau pun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan deterjen.

Sedangkan pada aspek biologis, air minum tidak boleh mengandung mikroba, khususnya bakteri entamoeba koli. Selain itu, sumber air pegunungan vulkanik umumnya berada pada lapisan air tanah dalam, yang tidak terpengaruh musim kemarau atau pun musim hujan. Lapisan air tanah tersebut tidak memiliki hubungan dengan air permukaan.

Dari sisi kuantitatif, mata air pegunungan vulkanik yang berasal dari air tanah dalam, juga memiliki cadangan air yang sangat besar, sehingga biasanya muncul sebagai mata air artesis. Sedangkan dari sisi kontinuitas, dengan curah hujan yang normal dan lingkungan yang hijau di daerah pegunungan, maka keberlangsungan sumber air di daerah pegunungan dapat terus terjaga.

Menurutnya lagi, sumber mata air pegunungan secara alamiah terbentuk dari air hujan, yang terinfiltrasi ke dalam sistem lapisan-lapisan batuan vulkanik akibat gaya gravitasi. Dalam perjalanannya melalui lapisan-lapisan batuan vulkanik, air hujan tersebut tersaring dan menyerap mineral-mineral yang penting untuk tubuh manusia secara alami, seperti kalsium, sodium, magnesium dan potasium. Proses alamiah tersebut menghasilkan air dengan kandungan mineral seimbang yang alami.

Satu hal yang lebih penting lagi, air mineral indonesia harus dijaga bersama. Dengan menjaga hutannya tetap hijau, tentunya dapat menahan air lebih banyak. Lingkungan hijau dengan air segar pegunungan, akan memberikan kesehatan tubuh yang paling baik. Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat dalam menjaga lingkungan juga sangat dibutuhkan.

Air mineral Indonesia sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, berikut adalah manfaat air mineral:
Menjaga keseimbangan tubuh
Fungsi air ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan sari makanan, sirkulasi darah dalam tubuh, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.
Meningkatkan Energi
Kegiatan seharian pasti membuat tubuh kelelahan, hal ini bisa disebabkan oleh dehidrasi. Minum satu atau dua gelas air mineral dapat membantu menjaga kesegaran di tengah aktivitas.
Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air mineral dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.
Membantu detoksifikasi tubuh
Racun yang mengendap pada bagian pencernaan, khususnya limpa, hati dan ginjal bisa dibuang dan dihilangkan dengan mengkonsumsi air mineral secara teratur dalam jumlah yang tepat.
Kesehatan kulit
Saat kekurangan cairan, tubuh akan menyerap kandungan air dari dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. 

Share this

0 Comment to " AQUA, Air Mineral Terbaik Indonesia "

Posting Komentar