Senin, 01 Mei 2017

Macam – Macam Jenis Timbangan Berdasarkan Cara Kerjanya

Dalam masalah ukur mengukur berat pastinya kita membutuhkan sebuah alat untuk mendapatkan ukuran berat yang tepat yaitu dengan menggunakan timbangan. Penggunaan alat ukur timbangan ini dapat Anda temukan dalam berbagai kegiatan dan dapat mengukur berbagai macam benda, mulai dari ukuran massa benda ons, miligram, gram, kg, hingga ton.

Timbangan sendiri dipasaran banyak di jual timbangan dengan berbagai macam jenis, ukuran, kegunaan, dan kapsitas berat yang ditimbang. Penggunaan dan peruntukannya pun beragam, bahkan timbangan yang Anda butuhkan juga bisa Anda pesan secara custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

Timbangan sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan cara kerjanya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah tiga macam jenis timbangan berdasarkan cara kerjanya yang bisa Anda temukan dipasaran.

Jensi Timbangan Berdasarkan Cara Kerjanya


Timbangan Manual

Timbangan manual ini merupakan jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas, dan penunjuk indikator angkanya biasanya menggunakan jarum sebagai petunjuk ukuran massa berat yang telah terskala atau yang telah ditentukan. Penggunaan timbangan manual ini tentunya tidak membutuhkan aliran listrik dalam penggunaannya. Contoh dari timbangan manual ini adalah seperti timbangan berat badan.

Timbangan Digital

Timbangan yang saat ini jenisnya banyak digunakan karena bentuk dan desainnya yang simpel. Timbangan digital ini bekerja dengan cara elektrik dengan tenaga listrik. Indicator penunjuk massa berat ini biasanya ditunjukan dengan berupa angka digital. Harga jual timbangan digital ini dipasaran beragam tergantung dari kegunaan dan kapasitasnya.

Timbangan Hybrid

Timbangan hybrid merupakan timbangan yang bekerja dengan cara pegabungan antara dua jenis timbangan manual dan digital. Dimana penggunaan timbangan ini tidak memerlukan daya listrik seperti timbangan manual, dan menggunakan indicator display sebagai penunjuk massa berat benda seperti timbangan digital. Penggunaan timbangan ini biasanya menggunakan baterai untuk melihat indicator hasil timbangan. Timbangan ini biasanya digunakan pada tempat yang jarang atau tidak ada aliran listrik.

Share this

0 Comment to " Macam – Macam Jenis Timbangan Berdasarkan Cara Kerjanya "

Posting Komentar