Jumat, 01 September 2017

7 Hal yang Menandakan Anda Layak untuk Membeli Rumah


Banyak orang yang berkeinginan untuk membeli rumah, namun terkadang suka lupa bahwa mereka sebenarnya belum layak untuk membeli rumah. Ada juga orang yang sebenarnya sudah layak untuk membeli rumah, namun khawatir dan cenderung takut untuk membeli. Berbagai alasan berdatangan. Padahal, rumah merupakan kebutuhan pokok manusia. Mungkin, banyak orang yang masih nyaman dengan jalan “kos” atau “sewa/ngontrak”.

Sebenarnya, baik kos atau sewa rumah, itu bukanlah pilihan yang sehat, namun jika hanya untuk sementara dan punya rencana untuk membeli rumah, maka tidak ada masalah. Yang salah, jika Anda berfikir akan tetap kos atau sewa rumah untuk selamanya. Percayalah itu tidak sehat.

Salah satu yang menjadi masalah yang dirasakan oleh banyak orang, terutama kalangan menengah kebawah mungkin harga rumah yang mahal. Sebenarnya, itu tidak sepenuhnya benar. Masih banyak rumah yang dijual dengan harga murah, baik rumah dijual di Yogyakarta, Solo, Aceh, dan kota-kota yang terkenal dengan biaya hidup yang cenderung murah. Meskipun di kota-kota yang biaya hidup mahal juga terdapat rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli rumah, namun masih ragu apakah sudah sanggup atau belum untuk membeli rumah, maka jangan khawatir, karena berikut ini akan dijelaskan mengenai tujuh hal yang menandakan bahwa Anda sudah layak untuk membeli rumah dari sekarang.

1. Anda Sedang Tidak Punya Utang
Nah, poin pertama yang menandakan bahwa Anda sudah layak untuk membeli rumah yaitu Anda tidak punya utang kepada siapapun, terutama utang yang bersifat finansial. Hal ini menandakan bahwa Anda tidak memiliki tanggungan yang harus dilunasi, sehingga memungkinkan Anda untuk membeli rumah dengan jalan KPR, dan menjadikan pembelian rumah melalui KPR sebagai utang perdana Anda. Tidak masalah jika untuk membeli rumah.

2. Anda Punya Riwayat Bank yang Bagus
Poin yang kedua ini masih ada kaitannya dengan poin nomor pertama. Biasanya, pihak analis dari bank akan melakukan riset keuangan kepada seseorang yang berencana mengajukan KPR dan menganalisa dan fakta-fakta yang ada, seperti apakah orang tersebut punya kartu kredit atau tidak.

Jika orang tersebut tidak memiliki tunggakan utang kredit, itu bisa menandakan bahwa riwayat keuangan orang tersebut bagi bank dinilai baik dan umumnya akan lebih mudah diproses. Sedangkan orang yang masih memiliki tunggakan, prosesnya akan jauh lebih sulit.

3. Anda Punya Tabungan untuk Uang Muka
Jika Anda punya tanbungan untuk membayar uang muka pembelian rumah, maka Anda termasuk layak untuk membeli rumah. Sebab, untuk membeli rumah melalui KPR, Anda wajib menyiapkan sejumlah uang untuk uang muka. Biasanya, besaran uang muka yang dibayarkan sekitar 15% dari harga rumah. Dengan jumlah yang bisa dikatakan minim tersebut, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memulai membeli rumah.

4. Anda Sudah Tidak Mau Lagi Mengontrak
Meskipun saat ini Anda masih mengontrak, namun dari lubuk hati Anda yang paling dalam mengatakan bahwa Anda tidak mau lagi mengontrak dan maunya untuk membeli rumah, maka itu adalah kabar baik. Segala sesuatu diawali dari niat dan tekad. Anda sudah memiliki hal itu, maka Anda harus cepat beraksi untuk merealisasikannya. Pastinya, Anda juga harus merencanakan dengan matang dan mempersiapkan segalanya dengan baik.

5. Anda Sadar bahwa Membeli Lebih Baik daripada Menyewa
Melanjutkan dari poin nomor empat, jika saat ini lokasi rumah incaran Anda memiliki harga yang miring, maka Anda tidak perlu ragu untuk mulai mengalihkan uang sewa rumah Anda menjadi cicilan rumah KPR. Jika Anda benar-benar memiliki pola pikir seperti ini, maka ini adalah modal bagi Anda, dan itu merupakan hal bagus.

6. Anda Akan Betah Tinggal Di Sana Bertahun-tahun
Jika saat ini Anda sudah tidak lagi betah di kontrakan atau kos-kosan, dan Anda sudah memiliki rumah incaran baik rumah dijual di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, atau di kota lainnya, serta merasa akan bertah tinggal di rumah tersebut, maka Anda semestinya segera mengajukan KPR. Ya, selalu ada harga untuk mendapatkan kenyamanan. Jadi, jangan ragu untuk segera pindah. Ingat juga bahwa menyewa selamanya juga tidak sehat.

7. Anda Ingin Bebas untuk Mendekorasi Rumah Sesuai Selera
Anda pasti sadar bahwa rumah kontrakan atau kos-kosan pastilah tidak boleh didekorasi sesuai dengan keinginan Anda. Karena memang hunian tersebut bukan milik Anda. Nah, jika Anda punya keinginan untuk bebas mendekorasi rumah sesuai dengan selera dan prinsip, maka tidak ada salahnya untuk segera membeli rumah. itu juga menandakan bahwa Anda sudah layak untuk membeli rumah.

Itulah informasi mengenai tujuh hal yang menandakan bahwa Anda sudah layak untuk membeli rumah. Saran saya, akan jauh lebih kuat jika Anda memiliki ketujuh hal tersebut secara bersamaan, karena itu bisa lebih menguatkan motivasi Anda yang sebelumnya ragu. Oleh karena itu, segeralah membeli rumah. Jangan takut mahal, karena masih banyak rumah murah, baik rumah dijual di Yogjakarta, Surabaya, maupun kota lainnya. Percayalah.

Share this

0 Comment to " 7 Hal yang Menandakan Anda Layak untuk Membeli Rumah "

Posting Komentar