Jumat, 03 November 2017

Inilah Deretan Smartphone Android Oreo


Google merilis versi baru Android setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, telah disiapkan Android 8.0 Oreo yang telah diumumkan pada 21 Agustus lalu.

Seperti update Nougat di 2016, Android Oreo awalnya diluncurkan sebagai preview pengembang seperti Android O sebelum peluncuran resmi. Sehingga beberapa telah menggunakan Oreo untuk beberapa waktu dalam bentuk beta.

Google menegaskan bahwa selain perangkatnya sendiri, produsen ponsel berikut ini juga dijadwalkan untuk memperbarui atau meluncurkan perangkat dengan Android Ore, yaitu Asus, General Mobile HMD Global Home Nokia, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony. Namun tidak terungkap kapan pastinya pembaruan itu benar-benar bisa dilakukan.

Apakah ponsel cerdas Anda menjadi salah satu perangkat yang akan mendapat layanan Android Oreo? Berikut ini adalah jadwal pembaruan sistim operasi Android terbaru.

Ponsel Google 
Google mulai meluncurkan Android O sebagai versi beta publik untuk beberapa perangkat Pixel dan Nexus yang lebih baru di Mei 2017. Google pun mengonfirmasi pada 21 Agustus bahwa pengujian sistim dilakukan untuk Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus 5X, Nexus 6P.

Semua perangkat Nexus dan Pixel sekarang menjalankan Oreo dan menantikan Android 8.1, yang dikabarkan akan segera hadir.

Ponsel Asus
Seiring dengan peluncuran resmi lima model ZenFone 4 yang baru, Asus menegaskan bahwa seri ZenFone 4 dan ZenFone 3 akan di-upgrade ke Android Oreo pada paruh kedua 2018. Jadi konsumen Asus harus lebih sabar menunggu pembaruan.

Ponsel BlackBerry
Meskipun belum memberikan indikasi spesifik mengenai kapan update dilakukan, BlackBerry Mobile telah mengonfirmasi perangkat yang akan diperbarui ke Android 8.0 Oreo. Perusahaan telah meluncurkan empat ponsel Android yaitu Priv, DTEK50, DTEK60 dan KeyOne. Ponsel terakhir berjalan Android Nougat dan kemungkinan akan menjadi satu-satunya yang mendapat Oreo.

Namun BlackBerry Mobile telah menyatakan bahwa PRIV tidak akan diperbarui ke sistem operasi terbaru Google. Sedangkan DTEK belum terkonfirmasi. Yang jelas, KeyOne akan mendapatkan software baru tersebut pada awal 2018.

Ponsel HTC
HTC U11 dikonfirmasi masuk dalam daftar Android Oreo. HTC telah mengkonfirmasi melalui Twitter beberapa perangkat lainnya juga akan mendapatkan Android Oreo.

Ponsel cerdas yang dimaksud adalah HTC U11, HTC U Ultra, dan HTC 10. Ketiganya kemungkinan menikmati Oreo pada akhir 2017.

Ponsel Huawei
Huawei belum mengonfirmasi ponsel mana yang akan mendapatkan Android Oreo. Sebab beberapa perangkatnya yang dikeluarkan pada 2016 masih menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

Mereka hanya menyatakan, Huawei Mate 10 akan langsung menjalankan Android Oreo. Sedangkan tes betanya berlangsung di perangkat Mate 9. Huawei juga mengumumkan bahwa Oreo akan berada di Mate 9, satu bulan setelah peluncuran Mate 10 yakni pertengahan November 2017.

Ponsel Honor
Honor belum memberikan keterangan resmi mengenai kisaran smartphone apa saja yang akan dibenamkan Android Oreo. Kemungkinan beberapa ponsel terbaru yang tersedia sekarang, tapi kemungkinan pemiliknya harus menunggu hingga 2018.

Ponsel LG
LG juga belum mengumumkan rencananya memperbarui OS-nya ke Android 8.0 Oreo. Hanya terindikasi pabrkan Korsel ini akan memperbaruinya pada akhir 2017atau mulai 2018 untuk ponsel terbarunya.

Ponsel Motorola
Motorola telah mengkonfirmasi bahwa 12 dari ponselnya akan mendapatkan updateAndroid 8.0 Oreo, mulai tahun ini. Ponsel yang dimaksud, Moto Z, Moto Z Droid, Moto Z Force Droid, Moto Z Putar, Moto Z Mainkan Droid, Moto Z2 Play, Moto Z2 Force Edition, Moto X4, Moto G5, Moto G5 Plus, Moto G5s, Moto G5 Plus.

Ponsel Nokia
Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas telah menyatakan bahwa semua smartphone Android Nokia akan di-upgrade ke Android Oreo, termasuk Nokia 3. Hanya dia belum memberikan kepastian kapan pembaruan akan dilakukan.

Ponsel Nokia yang dikonfirmasi untuk mendapatkan Android Oreo ialah Nokia 8, Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3.

Ponsel OnePlus
OnePlus akan mendorong pembaruan Android Oreo ke OnePlus 3 dan 3T. Sebagai tahap awal akan digunakan versi beta. Sementara perangkat smartphone yang bisa mendapatkan Android Oreo ialah, OnePlus 5, OnePlus 3T, dan OnePlus 3.

Ponsel Samsung
Samsung juga masih bungkam terkait pembaruan OS. Mereka hanya mengatakan, update Galaxy S8 Oreo dapat dilakukan pada awal 2018.

Namun, situs SamMobile telah memperkirakan secara pasti ponsel mana yang akan mendapatkan Android Oreo di semester pertama 2018. Berdasarkan sejarah dan tren Samsung, perusahaan ini hanya mendorong dua kali pembaruan Android ke ponsel produksinya. Jika benar, maka ini menjadi pukulan bagi pemilik Samsung Galaxy S6 yang sudah memiliki dua kali pembaruan OS. 

Inilah jajaran ponsel dan tablet yang bakal menerima pembaruan OS Android Oreo: Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8+, Samsung Galaxy Note 8, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy A7 (2017), Samsung Galaxy A5 (2017), Samsung Galaxy A3 (2017), Samsung Galaxy J7 (2017), Samsung Galaxy J5 (2017), Samsung Galaxy Note FE, Samsung Galaxy Tab S3, Samsung Galaxy C9 Pro, Samsung Galaxy C7 Pro, Samsung Galaxy J7 Prime.


SamMobile menunjukkan, beberapa perangkat seperti seri J, biasanya hanya mendapatkan satu kali update dalam pemakaiannya. Hanya saja seri tersebut tetap bisa mendapatkan Android Oreo.

Situs ini juga menunjukkan bahwa beberapa perangkat Samsung lainnya yang juga bisa mendapatkan update adalah Samsung Galaxy A9 Pro, Samsung Galaxy A8 (2016), Samsung Galaxy J7 (2016), Samsung Galaxy J5 (2016), Samsung Galaxy J3 (2016), Samsung Galaxy Tab S2 VE (2016), dan Samsung Galaxy A.

Ponsel Sony Xperia
Sony Mobile telah mengonfirmasi bahwa ponsel Xperia akan mendapatkan Android Oreo. Setidaknya ada 10 model yang dipilih untuk menerima pembaruan, yaitu Sony Xperia X, Sony Xperia XZ, Sony Xperia X Compact, Sony Xperia XZ Premium, Sony Xperia XZs, Sony Xperia XA1, Sony Xperia XA1 Ultra, Sony Xperia Touch, Sony Xperia XA1 Plus.

Sedangkan Xperia XZ1 dan Xperia XZ1 Compact yang baru saja diumumkan akan diluncurkan dengan Android 8.0 Oreo pra-instal. Sony Xperia XZ Premium adalah ponsel pertama yang menerima Android Oreo sebagai update dan mulai diluncurkan pada 23 Oktober 2017.

Share this

0 Comment to " Inilah Deretan Smartphone Android Oreo "

Posting Komentar