Selasa, 09 Januari 2018

Ketahui Jenis-jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya

Sudah tahukah bunda jenis-jenis kecerdasan pada anak? Perlu bunda tahu ternyata anak memiliki banyak jenis kecerdasan anak yang harus dikembangkan. Setiap anak memiliki kepintarannya masing-masing. Karena setiap anak memiliki 8 jenis kecerdasan pada anak. Nah, kali ini kami akan bahas jenis-jenis kecerdasan anak dan cara untuk mengembangkannya.

Pakar pendidikan juga menjelaskan bahwa setiap anak barangkali bisa memiliki delapan jenis kecerdasan ini. Namun juga tidak mungkin jika anak hanya menonjol pada satu atau lebih jenis kecerdasan tersebut. Nah, peran orang tua lah yang sangat penting untuk membantu anak dalam mengendalikan dan mengembangkan kecerdasan tersebut dengan cara mengenali jenis kecerdasan anak dan membantu mengasah kecerdasannya.

Kunjungi mothercare.co.id dan dapatkan berbagai pilihan penawaran menarik mothercare yang tentunya menguntungkan bagi bunda dan si kecil.
Lalu apa saja 8 jenis kecerdasan anak tersebut?

1. Word smart (kecerdasan linguistik)
Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa baik dalam bentuk tulisan maupun ketika berbicara. Tingkat kecerdasan ini dapat diketahui ketika anak suka membaca, suka berbicara, cepat bisa mengeja kata dengan baik, suka menulis, dan mendengarkan cerita.

Untuk mengembangkan kemampuan dan kecerdasan linguistiknya, bunda dapat memberikan buku-buku cerita, kertas untuk menulis, mainan huruf alphabet, atau mainan yang berkaitan dengan huruf dan kata-kata lainnya.

2. Number smart (kecerdasan logika atau matematis)
Kecerdasan ini ditandai dengan ketertarikan anak dengan angka-angka, menyukai matematika, dan hal-hal yang berbau sains, maupun yang berhubungan dengan logika. Untuk mengembangkannya, bunda dapat memberikan alat-alat hitung, puzzle dan mengajak anak bermain sambil berhitung dan lain-lain.

3. Self smart  (kecerdasan intrapersonal)
Jenis kecerdasan lain adalah self smart yang ditandai cenderung lebih suka bermain sendiri. Ia akan bisa mengatur emosinya dan rasa ingin tahunya. Untuk mengembangkannya bunda dapat memberikan tempat bermain sendiri, mengajak si kecil tentang perasaan dan pendapat mereka.

4. People smart (kecerdasan interpersonal)
Kecerdasan ini ditunjukkan dengan anak lebih suka bermain dengan banyak orang. Tanda lain anak juga memiliki empati, cenderng menonjol sehingga suka memimpin saat bermain dan mampu memahami perasaan orang lain. bunda dapat mengembangkannya dengan memberikan kostum untuk bermain drama atau datang untuk bersosialisasi dengan keluarga.

5. Music smart (kecerdasan musikal)
Kecerdasan ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang suka bernyanyi, berjoget ketika mendengar suara musik, mengingat lagu dan lainnya. Untuk mendukungnya maka berikanlah alat musik seperti drum dan ajaklah bermain bersama.

6. Pictue smart (kecerdasan spasial)
Kecerdasan ini terlihat dari kesukaannya mencorat-coret kertas, mewarnai, menggambar dan suka berimajinasi. Untuk mengembangkannya berikan buku gambar dan alat mewarnai lainnya.

7. Body Smart (kecerdasan kinetik)
Jenis kecerdasan ini ketika anak suka berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda hingga membuat sesuatu dengan tangannya. Dukung kecerdasan ini dengan memberikan balok kayu, atau mengajaknya berolahraga dan mengajaknya membuat sesuatu/ karya.

Ingin mendorong kecerdasan anak? berikan anak mainan edukasi anak yang dapat membantu anak mengembangkan bakat dan kecerdasannya.

8. Nature smart (kecerdasan naturalis)
Kecerdasan terakhir yaitu dilihat dari anak yang sangat suka bermain di alam. Anak ini juga menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, suka dengan tanaman. Dukunglah si kecil dengan membelikannya tanaman, berjalan di alam bebas, berkunjung ke kebun binatang dan sebagainya. Terimakasih

Share this

0 Comment to " Ketahui Jenis-jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya "

Posting Komentar