Minggu, 04 Maret 2018

5 Cara Efektif Untuk Kurangi Dampak Polusi Udara yang Menyebabkan Masalah Kulit

Dampak polusi udara

Dampak polusi udara merupakan masalah yang paling utama bagi kesehatan manusia. Polusi akan menyebabkan berbagai masalah kulit hingga yang paling bahaya adalah penyebab kanker paru-paru. Polutan di udara bahkan bisa menyebabkan kematian akibat penghirupan udara yang berlebihan seperti saat hutan terbakar.

Polusi udara juga berdampak sangat buruk bagi kerusakan kulit. Beberapa dampak polusi yang berakibat langsung bagi kulit yaitu penuaan dini serta munculnya iritasi sampai yang paling parah menyebabkan kanker kulit.

Kulit adalah organ terbesar pada manusia tubuh dengan fungsi utamanya sebagai pelindung untuk tubuh melalui benda asing misalnya, bahan kimia, radiasi ultraviolet, dan kuman.

Dampak polusi udara bisa muncul dari luar rumah misalnya rokok, asap kendaraan bermotor, hingga pabrik. Setidaknya terdapat enam macam polutan yang terdiri dari ozone, karbon monoksida, oksida nitrogen, timbal, partikel polusi, dan oksida belerang.

Jika Anda berpikir bahwa polusi udara terdapat hanya di luar ruang, sepertinya hal ini sangat keliru. Sebab, polusi di udara dapat masuk ke dalam ruangan. Sehingga baik di dalam dan luar kulit Anda bisa terkena dampak buruk dari polusi di udara.

Udara tercemar setidaknya bisa berakibat penuaan dini, penyakit kulit yang eksim seperti, psoriasis, jerawat, kulit tidak menghasilkan kolagen, timbulnya pigmentasi atau bintik hitam, merusak DNA sel kulit, hingga kulit kering. Untuk itu perlu diperlukan cara untuk melindungi kulit dari polutan yang memicu masalah-masalah kulit tersebut.

Cara-cara sederhana untuk mengurangi resiko kerusakan kulit akibat polusi udara

Oleh karena itu, diperlukan cara-cara sederhana yang berguna mengurangi dampak kerusakan pada kulit dengan cara-cara perawatan kulit yang benar. Inilah tips merawat kulit yang benar dan mudah.

Hindari rokok


Menghindari asap rokok juga sangat baik melindungi kulit. Rokok menyebabkan kulit menjadi keriput, wajah berkerut, kelopak mata mengendur, warna kulit tidak merata, kasar dan kering. Sehingga, menghindari asap rokok akan sangat baik bagi kesehatan kulit Anda.

Gunakan Tabir Surya

Polutan dan sinar ultraviolet (UV) berdampak melipatgandakan dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sebaiknya, gunakan tabir surya yang mengandung zinc dan SPF, cara ini dapat mengurangi risiko kanker serta berbagai tAnda penuaan pada kulit.

Asupan antioksidan

Anda dapat mencegah penuaan dini dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat mengandung antioksidan. Antioksidan melindungi kulit dari molekul berbahaya atau radikal bebas. Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur seperti, teh, wortel, asparagus, anggur merah, kiwi, tomat, jeruk, brokoli, blueberry, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Rutin Membersihkan Kulit

Menghindarikan kulit dari polusi di luar dan di dalam sangat mustahil. Namun, masih bisa meminimalkan dampak polutan dengan selalu membersihkan kulit. Mandi dengan bersih menggunakan sabun kesehatan yang tepat secara rutin.

Lakukan scrubbing


Minimal seminggu atau dua minggu sekali lakukan scrubbing pada kulit. Hal ini paling efektif dilakukan untuk meluruhkan sel kulit mati sehingga bisa membentuk kembali lapisan baru, setelah scrubbing jangan lupa aplikasikan dengan pelembap atau lotion.

Agar dampak polusi udara dapat Anda hindari maka sebaiknya pilihlah lotion yang benar dan terbukti menyehatkan. Dan salah satu yang paling direkomendasikan adalah Vaseline. Produk ini akan bantu melembutkan dan menyehatkan kulit agar terhindar dari polutan dan radikal bebas.

Share this

0 Comment to " 5 Cara Efektif Untuk Kurangi Dampak Polusi Udara yang Menyebabkan Masalah Kulit "

Posting Komentar