Minggu, 04 Maret 2018

6 Cara Paling Mudah Menghindari Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat pada bayi

Biang keringat pada bayi sering kali dialami akibat adanya perubahan suhu pada saat di dalam rahim hingga penyesuaian di luar rahim. Biang keringat adalah munculnya bintik merah kecil-kecil yang timbul di kulit bayi. Biasanya akan sering muncul di bagian leher, di bawah lengan, pangkal paha, ketiak, dan sekitar area popok.

Bagi para Bunda yang menemukan bintik-bintik kecil dengan warna merah dan berkelompok inilah yang kami maksud dengan biang keringat. Namun para Bunda tak harus khawatir, hal ini hampir dialami oleh semua bayi baru lahir.

Hal ini terjadi lantaran cuaca panas di luar sehingga menyebabkan banyak sekali keringat bayi yang keluar. Akan tetapi terkadang pori-pori bayi tersumbat sehingga menyebabkan ruam menjadi berkembang yang memunculkan bintik-bintik merah di kulit bayi.

Bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi

Pijat setelah mandi

Agar bayi terhindar dari biang keringat, Bunda dapat membiasakan memijat kulit bayi sehabis mandi untuk memberi rasa nyaman. Gunakanlah minyak khusus bayi saat melakukan pijat bayi agar pori-pori tidak tersumbat.

Pijat sebelum mandi


Selain cara tersebut di atas, bunda juga bisa memandikan setelah bayi dipijat hal ini juga penting untuk membuat pori-pori bernafas dengan sangat baik. Selanjutnya, setelah bayi mandi lihatlah tidur bayi yang nampak terlelap karena merasakan tubuh yang relax dan nyaman.

Menjaga suhu ruangan tetap sejuk

Jagalah suhu ruangan tetap sejuk sehingga menenangkan kulit. Suhu sejuk dapat membuat keringat bayi keluar secara berlebihan sehingga pori-pori kulit dapat leluasa bernafas baik. Namun, perlu diperhatikan supaya tak terlalu sering menggunakan suhu dingin eperti AC dan kipas angin sebab, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan sehingga, tidak baik untuk sang bayi.

Berikan ASI yang cukup

Cara mengatasi biang keringat dari dalam adalah minum asi yang cukup. ASI merupakan metabolisme sehat yang paling alami untuk bayi. Karena bayi seringkali mudah berkeringat maka ASI dapat mengganti cairan yang hilang dari tubuh bayi.

Sebaiknya bayi tidak diajak keluar saat cuaca panas


Jika di luar panas alangkah baik tidak mengajak bayi keluar rumah. Anda dapat menjemur bayi saat masih pagi di tempat yang cukup teduh. Hal ini supaya bayi terhindari dari sinar matahari supaya tak langsung terkena kulit.

Jika harus keluar rumah karena penting sekali, maka gunakanlah penutup kepala tau topi yang pas untuk melindungi bayi. Bawa selalu kipas untuk menjaga-jaga agar bayi terhindar dari kepanasan saat perjalanan.

Tidak menggendong bayi terlalu sering

Sebaiknya Anda tidak menggendong dan memeluk bayi terlalu sering. Kebiasaan ini apabila sering dilakukan maka, dapat memunculkan biang keringat lebih parah. Perlu Anda ketahui jika sebenarnya, suhu tubuh pada orang dewasa umumnya lebih hangat sehingga inilah yang menyebabkan berpindahnya suhu panas ke bayi.

Nah, bagi Anda yang suka memijat untuk mengatasi biang keringat pada bayi seperti yang dilakukan pada poin 1 dan 2 di atas maka, gunakanlah minyak bayi yang wangi, lembut dan menyehatkan. Tentu saja minyak bayi paling bermutu kami sarankan Anda memakai Zwitsal agar bayi selalu terhindar dari biang keringat, lakukan secara rutin ya Bunda.

Share this

0 Comment to " 6 Cara Paling Mudah Menghindari Biang Keringat pada Bayi "

Posting Komentar